Belasan juta orang hidup bergantung pada Sungai Citarum, dan turut menanggung risiko mematikan dari pencemarannya. Volume sampah yang masuk Sungai Citarum bertambah empat kali lipat hingga meluap, mengantarkan banjir ke pemukiman penduduk di bantaran. Mulai dari limbah tekstil, sampah plastik dan karet, hingga limbah kimia dan medis berakhir di rumah warga dan lahan-lahan subur yang biasanya ditanami palawija oleh petani lokal. Mulai dari penyakit kulit, DBD, diare, ISPA, hingga ancaman stunting menjadi dampak buruk kesehatan dari kotornya Sungai Citarum. Tercatat, sekitar 23% dari pengeluaran BPJS Jawa Barat terpakai untuk menangani masalah kesehatan akibat pencemaran Sungai Citarum.

Berbekal perahu seadanya, dalam satu hari, 70 pemulung binaan Pak Indra membersihkan total 5.600 kilogram sampah. Dengan alat pelindung diri, pemulung mengambil risiko kontak dengan air Sungai Citarum yang terkontaminasi zat kimia dan logam berat, demi melindungi keluarga dan orang-orang yang hidup di bantaran sungai.


Dengan sampah yang bertambah setiap harinya, kapasitas bawaan perahu Pak Indra tidak lagi mampu menampung jumlah sampah. Perahu tambahan amat sangat dibutuhkan untuk menanggulangi masalah sampah yang terjadi sepanjang daerah aliran Sungai Citarum.

Dengan berdonasi mulai dari Rp10 ribu per bulan, kamu sudah bisa membantu belasan juta orang agar bisa hidup lebih layak dan sehat. Melalui Pak Indra dan Greeneration Foundation, kamu bisa membantu menanggulangi masalah kesehatan akibat pencemaran Sungai Citarum.


Wujudkan sampan harapan untuk Sungai Citarum yang lebih baik dengan berkontribusi bersama Green Fund Digital Philanthropy. Bantu mereka sekarang.

Donasi Anda Akan Membantu:

  • Pembelian perahu untuk Bening Saguling Foundation
  • Komponen pelengkap kebersihan untuk perahu
  • Biaya operasional pembersihan Sungai Citarum

Di luar itu, hasil penggalangan dana dari program ini juga akan dialokasikan untuk program lainnya yang bertujuan untuk membantu gerakan lingkungan serta membantu kesejahteraan para pahlawan lingkungan. Untuk informasi lebih lanjut, harap hubungi Email donasigf@greeneration.org atau WhatsApp 6285173310223